Saran Xiaomi untuk Atasi Bug di MIUI 12.5

Bug di MIUI 12.5

topmetro.news – Xiaomi memberikan sejumlah saran bagi pengguna yang mengalami masalah akibat bug yang terdapat pada pembaruan sistem antarmuka (UI) di MIUI 12.5.

Beberapa cara yang bisa pengguna lakukan adalah dengan melakukan clear data hingga pengecekan ke service center.

Sebelumnya sejumlah netizen terpantau melontarkan keluhan atas bug atau eror pada ponsel Xiaomi mereka setelah melakukan pembaruan ke MIUI 12.5.

Bug tersebut mulai dari koneksi jaringan yang tidak stabil, layar yang tiba-tiba mati hingga bergerak sendiri. Hingga masalah keluar dari aplikasi yang sedang dalam proses akses.

Cara Atasi Bug MIUI 12.5

Namun jika pengguna merasa sangat terganggu dan tidak sabar menunggu pembaruan yang akan datang, Xiaomi memberikan beberapa saran untuk mengatasi bug tersebut, yaitu:

1. Metode pertama adalah pengguna dapat melakukan clear all data.

2. Jika kendala masih terjadi, metode kedua adalah, memeriksakan ponsel ke pusat perbaikan (service center) terdekat untuk pengecekan.

“Apabila pengguna memakai ponsel bergaransi resmi TAM atau dari Xiaomi Technology Indonesia, pengguna bisa langsung bawa ke Service Center terdekat untuk pengecekan,” jelas Xiaomi.

Pengguna bisa mengecek lokasi service center di tiap kota melalui https://www.mi.co.id/id/service/repair/

Untuk mengecek ke service center, pengguna agar membawa kelengkapan seperti kotak kemasan, charger dan juga struk pembelian.

3.Jika ponsel masih berkendala, laporkan pada Xiaomi lewat menu aduan yang ada di ponsel yang bisa diakses dari menu ‘setelan’. Yaitu dengan langkah berikut:

  1. Pilih ‘Setelan’
  2. Pilih ‘Layanan & masukan’
  3. Pada bagian bawah layar, pilih ‘Masukan’
  4. Pilih ‘Masalah’
  5. Tekan tanda titik tiga pada pojok kanan layar
  6. Pilih ‘Buat log’
  7. Pilih log yang berhubungan dengan kendalanya
  8. Kemudian, tekan ‘Buat log’
  9. Centang keterangan ‘Jangan tampilkan lagi’
  10. Pilih ‘Setuju’
  11. Pilih ‘Pergi ke layar utama’

Pembaruan MIUI

Xiaomi sendiri mengatakan pihaknya akan memperbaiki kendala tersebut pada pembaruan berikutnya. “Normalnya kendala akan kami perbaiki pada update MIUI selanjutnya ya,” tulis Xiaomi lewat akun Instagram resmi.

BACA JUGA | Xiaomi Mi Mix 4 Resmi Rilis dengan Spesifikasi Mengerikan, Harganya?

Keluhan Pengguna

Sejumlah pengguna mengeluhkan terdapat bug yang terjadi setelah mereka melakukan pembaruan ke MIUI 12.5. Beberapa keluhan ini muncul di komunitas Xiaomi Mi Community dan kolom komentar Instagram Xiaomi Indonesia.

Salah satu pengguna mengeluhkan layar kerap freeze (tak bergerak) saat bermain Game Mobile Legend (ML).

“Gan mw nanya knp ya di miui 12.5.3 ane main game ML pas draft pick nge freeze trus pasti ke relog gamenya. Ada yang samakah dan solusinya plis, ane pengguna redmi 9,” tulis seorang anggota komunitas Xiaomi di Mi Community dengan ID 1685919529.

Selain itu, pengguna lain juga mengeluhkan eror pada volume di Redmi Note 8 miliknya yang kerap naik turun sendiri sejak melakukan pembaruan.

“Ada yang tau kenapa volume di redmi note 8 pro suka naik turun sendiri?Semenjak update miui 12.5 nii,” tulis anggota komunitas serupa dengan ID 6326465527.

Kemudian salah satu netizen juga mengeluhkan penurunan kualitas gambar pada ponselnya setelah melakukan pembaruan.

“Min kok sekarang ngeframe banget sama sering layar gerakan sendiri setelah update MIUI 12.5.1 Xiaomi Redmi note 9 pro,” tulis akun Instagram @steinitz7 di kolom komentar Xiaomi, Minggu (3/10).

Ngeframe merupakan istilah yang seringkali muncul ketika terjadi penurunan angka Frame Per Second (FPS) mendadak saat bermain gim. Misalnya dari 60 fps tiba-tiba menjadi 30 fps. Akibatnya, grafik di tampil di ponsel menjadi sedikit kasar atau terputus-putus.

Penyebab gejala ngeframe ini bisa karena sinyal yang kurang stabil. Atau perangkat keras ponsel tak cukup mumpuni sehingga kewalahan untuk mengolah tuntutan grafis dari aplikasi game.

sumber | CNN Indonesia

Related posts

Leave a Comment